Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Input Device

Unit luar yang digunakan untuk memasukan data dari luar ke dalam microprocessor. Bisa juga diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukan data kedalam computer. Jenis input yang dimiliki input device sangatlah banyak, mata manusia juga dapat diartikan sebagai input device. Selain itu juga ada contoh lainya didalam computer yaitu mouse dan keyboard. Data yang berasal dari keyboard dan mouse biasanya berbentuk signal.

Contoh perangkat input :

a. Keyboard merupakan unit input yang sering kita lihat di setiap perangkat komputerisasi. Alat ini berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter.

b. Mouse merupakan salah satu input media yang sangat populer. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tikus karena bebntuknya seperti tikus. Fungsi mouse adalah menunjukan kursor (titik kecil yang berkedip pada layar, yang menandakan suatu posisi pada layar monitor) yang ada dilayar monitor bisa digerak-gerakkan.

c. Trackball mirip dengan mouse mekanis yang memiliki sebuah bola di bagian bawahnya, trackball adalah alat penunjuk tidak bergerak dengan bola di atasnya maupun di sisinya. Untuk menggerakkan penunujuk dengan sebuah trackball, anda dapat memutar bola tersebut dengan ibu jari, jari-jari, atau telapak tangan. Selain bola tersebut, sebuah trackball biasanya memiliki satu atau lebih tombol yang bekerja persis seperti tombol-tombol mouse.

d. Light Pen adalah salah satu unit masukan, Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e. Joy Stick adalah alat yang biasa digunakan dalam permainan game di computer. Alat ini berfungsi sebagai alat pengganti bermain game di computer.

f. Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

0 comments:

Posting Komentar

Prizegod.com